Home / Pacitan

Kamis, 20 Desember 2018 - 14:26 WIB

Polemik Pajak APK di Pacitan Menguat

Reporter : Danur

PACITAN,- Pada Kamis 20/12/18 Bawaslu Kab Pacitan mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu di Gedung Permata Jln Gatot Subroto Pacitan, Adapun sosialisasi ini di hadiri sebagian caleg dari Partai peserta pemilu yang ada di wilayah kab Pacitan.

Menariknya dalam sesi Dialog Bawaslu diberondong pertanyaan terkait permasalahan APK (Alat peraga kampanye) tentang pajak yang harus di bayarkan ke daerah , hal tersebut menurut para peserta harus jelas regulasinya dan sangat memberatkan para caleg.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Berty Stefanus, S.H “menyampaikan bahwa dari pihak Bawaslu sebenarnya tidak mengiginkan adanya pajak terkait APK, Menurut Berty dasar hukum nya adalah Perda No 4 Th 2018 di Pasal 1 angka 5 , iklan yang di kenakan pajak yang bertujuan komersial.

” Sedangkan ini tujuanya bukan komersial, Dasar hukum kami yang pertama bahwa di UU dan peraturan Bawaslu mereka boleh memasang karena ini perintah Undang undang, dan di pasal 21 hurub B kewajibn memperoleh ijin tidak berlaku bagi penyelengara reklame yang diselengarakan oleh pemerintah tanpa disertai kepentingan / muatan komersial” Tegas Berty

” Dan ini di fasilitasi oleh Undang undang , jikalau undang undang mengatur tidak boleh memasang ,dan kurasa para caleg tidak akan pasang, jadi sekali lagi saya tegaskan mereka para caleg memasang adalah perintah Undang undang, kog kenapa mereka kena pajak? ” Ungkap Berty dengan nada berapi api.

Muh Mashury Divisi Penindakan pelangaran Bawaslu Pacitan menambahkan bahwa ada perbedaan muatan turunan klausula atau diktum dalam Perda No 4 Tahun 2018 tentang pajak reklame yang ditetapkan pada tanggal 14 Maret 2018 dengan SK KPU yang ditetapkan pada tanggal 22 September 2018.

“Terutama di Bagian 9 seluruh kegiatan pemasangan APK merupakan bentuk reklame, sehingga harus mendapatkan ijin reklame dan membayar pajak reklame sesuai ketentuan perundang undangan, ini kan sangat menyolok sekali,dan kami dari Bawaslu dengan tegas akan memperjuangn ini ” ungkap Mashury. (dnr)

 

Share :

Baca Juga

Pacitan

Banyak Pensiun, Kursi Pejabat Pemkab Pacitan Lowong

Pacitan

Badrul Amali Nahkodai ABPEDNAS Pacitan

Pacitan

Ribuan Penari Rontek Pacitan Pecahkan Rekor Muri

Pacitan

Parah, Alat Pendeteksi Tsunami Kondisi Bobrok

Pacitan

Fasilitas Puskesmas Tanjungsari Baru tapi Banyak Dikeluhkan

Pacitan

Puluhan Kambing Mati Misterius

Pacitan

TP PKK Pacitan Bantu Pemkab Tangani Pandemi COVID-19

Pacitan

Kecewa Lagi, Aksi PMII Gagal Audensi dengan Wakil Rakyat