Home / Madiun

Jumat, 31 Desember 2021 - 04:48 WIB

Release Tutup Tahun Polres Madiun, Temuan Mayat di Kamar Kost Bukan Korban Pembunuhan

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal com, – Terhitung sejak Januari hingga Desember 2021 jumlah perkara kriminal di Polres Madiun cenderung mengalami penurunan yakni 155 perkara berbanding tahun 2020 yang mencapai 159 perkara. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Madiun, AKBP Jury Leonard Siahaan, saat melakukakn Pers release tutup tahun, Kamis (30/12/2021).

“Dari data Polres Madiun, ada 31 perkara kriminal umum yang terjadi di Kabupaten Madiun, mulai dari kasus pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan (Curanmor), penipuan, perjudian, penganiayaan, pengrusakan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” Ungkap AKBP Jury Leonard Siahaan.

Kapolres Madiun juga mengklaim, selama tahun 2021 jajaran Polres Madiun telah melakukan 13 operasi kepolisian mulai dari operasi keselamatan, operasi ketupat, operasi sikat, operasi tumpas narkoba, operasi patuh hingga operasi lilin dengan jumlah capaian 31 tindak pidana umum, 9 kriminal khusus dan 6 tindak pidana ringan (tipiring).

“Sedangkan non kriminal berjumlah 13 jenis kasus yakni, 12 kasus gantung diri, 3 kasus meninggal tersengat listrik, 2 kasus penemuan mayat, 22 kasus meninggal mendadak, 6 kasus kebakaran, 4 kasus orang tenggelam, 2 banjir dan 3 kasus tanah longsor. Secara keseluruhan kasus non kriminal yang masuk 62 kasus dan selesai 62 kasus,” Jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres, menerangkan untuk data kasus narkoba di Kabupaten Madiun tahun 2021 mengalami peningkatan dengan jumlah 45 kasus dan 44 tersangka dengan barang bukti yang berhasil disita 83,69 gram sabu sabu, 0,8 gram ganja dan 6313 butir pil jenis double L. “Kami juga berhasil menyita 2.924 liter miras berbagai jenis. Dan ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 yang hanya 556 liter,” Terangnya.

Sementara, data analisa kecelakaan lalu lintas tahun 2021 turun hingga 5 persen berbanding tahun 2020. Korban meninggal dunia akibat laka lantas turun 7 persen dengan jumlah 111 orang meninggal dunia dan korban luka ringan mencapai jjumlah 661 orang, luka berat 2 orang di tahun 2021. “Barang bukti kendaraan yang disita 26 unit dan 129 knalpot brong dan tidak sesuai standart,” Paparnya.

Kapolres Madiun menambahkan, untuk kasus penemuan mayat di kamar kost atas nama Ica Puspita (19) pada 12 Juli 2021 dari hasil penyelidikan dan hasil pemeriksaan para saksi serta hasil laboratorium menyimpulkan korban meninggal akibat kehabisan nafas dan tidak ditemukan unsur kekerasan pada jasad korban. “Dan dari keterangan dokter forensik tidak ditemukan tanda tanda kekerasan atau sebagai korban pembunuhan pada jasad korban,” Tegasnya.

Kegiatan pers release akhir tahun 2021 Polres Madiun yang dilaksanakan Joglo Polres Madiun dihadiri Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, S.H, M.Ak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, Tokoh lintas agama Kabupaten Madiun. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemusnahan barang bukti berupa sabu sabu, ribuan liter miras berbagai merk dan arak jowo dan ratusan knalpot brong yang berhasil disita sejak Januari hingga Desember 2021.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Murid Pertama dan Warga Sepuh Hadiri “Haul Guru Besar IKS PI Kera Sakti” Raden Totong Kiemdarto

Madiun

Terlilit Hutang Seorang Pria Ditemukan Tewas Dirumah Calon Mertua

Madiun

Perwira TNI AU Harus Punya Skenario Kerja

Madiun

Pelayanan KA pada masa Peniadaan Mudik Berjalan Lancar, 104 Calon Penumpang Gagal Berangkat

Madiun

Pemkab Madiun Raih Penghargaan LAKIP Dari Kemenpan-RB

Madiun

Ban Pecah, Hantam Truk, Kepala Puskesmas Jiwan Tewas Terjepit

Madiun

Festival Photography Promosikan Wisata Dan Budaya Ke Mancanegara

Madiun

Ada Ruang Pojok Media di Polres Madiun Kota