Home / Pacitan

Senin, 14 Maret 2022 - 12:58 WIB

Sambangi Wisata Unggulan, Bupati Pacitan Dampingi Sandiaga Uno

Reporter : Danur Suprapto

Pacitan, beritajurnal, – Kabupaten Pacitan memiliki Desa Wisata Sendang yang jarak tempuh sekitar 29 km dari Kabupaten Pacitan atau sekitar 1 jam 3 menit perjalanan menggunakan mobil dari pusat Kota Pacitan., Objek wisata yang terkenal di Desa Sendang adalah Pantai Klayar, Pantai Ngiroboyo, yang sudah menjadi destinasi favorit wisatawan bila ke Pacitan. Adapun potensi lain yang dimiliki Desa Wisata Sendang adalah Muara Sungai Ngiroboyo berupa Wisata Susur Sungai.

Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (12/03/2022), menyampaikan bahwa desa wisata Sendang adalah desa yang memiliki potensi wisata yang menarik, karena di lokasi yang berdekatan terdapat wisata sungai dan juga wisata bahari. Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa tahun 2021 dari 158 desa yang mendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Dari 300 besar ada 21 desa salah satunya Desa Sendang. Oleh karenanya, Sandiaga mendorong Desa Wisata Sendang untuk terus meningkatkan agar bisa masuk 50 Desa Wisata Terbaik.

“Jadi Desa Wisata Sendang tahun lalu masuk desa wisata terbaik, tahun ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan, dan harapannya tadi saya melewati begitu banyak lokasi yang potensi, mudah-mudahan nanti atas kepemimpinan Bapak Bupati dan arahan Bapak Bupati lebih banyak desa wisata,” ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyempatkan untuk berkeliling Pantai Ngiroboyo menggunakan mobil jeep kecil. Ia juga meninjau UMKM yang menjadi suvenir khas dari Desa Wisata Sendang, yaitu kacang selimut, gula semut, hingga batik. Sementara itu, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan pihaknya akan menangkap peluang dari Kemenparekraf untuk mengembangkan desa wisata yang ada di Pacitan.

“Kami berterima kasih sudah diberikan kesempatan juga untuk bisa masuk nominasi dan terdaftar di desa wisata, karena kami mungkin tersosialisasi, jadi kami menganggap yang sudah mapan tidak bisa dimasukkan. Mari kita tangkap peluang itu dan kembalinya kepada masyarakat. Semoga ini bukan kedatangan terakhir karena masih banyak keindahan Pacitan yang belum bisa dinikmati saat ini.” ujar Bayuaji.( brt)

Share :

Baca Juga

Pacitan

Pacitan Punya Aplikasi Pasar Online Berkelas

Pacitan

Danur, Wartawan Koran Jurnal, Terpilih Ketua Forum Pewarta Pacitan

Pacitan

Ribuan Warga Pacitan Padati Lokasi Pengungsian

Pacitan

Banjir Bandang Terjang 7 Desa, Warga Bertahan di Pengungsian

Pacitan

Parah, Alat Pendeteksi Tsunami Kondisi Bobrok

Pacitan

Diklat Pengembangan Metoda Pembelajaran Berbasis STEM di Pusat Belajar SMKN3 Pacitan

Pacitan

Indrata Nur Bayu Aji, Optimis Kantongi Rekom

Pacitan

Korban Banjir Pacitan Diperkirakan 11 Tewas