Home / Tulungagung

Minggu, 27 November 2022 - 09:13 WIB

Tiga Nakes RSUD dr. Iskak Sabet Penghargaan Nakesdan 2022

Reporter ; Fredy 

TULUNGAGUNG,- Sebanyak tiga tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr. Iskak Tulungagung, berhasil torehkan prestasi dalam ajang Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) Awards 2022 tingkat Provinsi Jawa Timur. Bahkan satu di antaranya, berhasil meraih juara I Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) Awards 2022 tingkat Nasional.

Ke tiga nakes berprestasi tersebut adalah Kabib Abdullah, A.md.Tem, S.KM sebagai Juara 1 Nasional untuk kategori Nakes Teknik Elektromedis Teladan; Ninik Wulandari, S.KM sebagai Juara 2 Provinsi kategori Teknik Kesehatan Lingkungan; dan Apt. Binti Muzayyanah, M.Farm.Klin. sebagai Juara 3 Provinsi Jawa Timur kategori Tenaga Kefarmasian.

Penyerahan penghargaan pun dilakukan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat provinsi pada Rabu (16/11/2022) di Banyuwangi.

Jajaran direksi dan civitas hospitalia RSUD dr. Iskak pun turut bangga dan mengapresiasi kerja keras para nakes teladan ini.
Seperti disampaikan Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B M.Kes pada acara penyambutan finalis dan juara Nakesdan Awards 2022, di ruang Soenarjo Sadikin, Kamis (17/11/2022).

“Saya sangat bersyukur memiliki nakes-nakes seperti mereka ini. Penghargaan ini adalah buah dari kerja keras mereka selama ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Supriyanto mengungkapkan,  sebagai pelayan pada masyarakat sudah sepatutnya untuk memberanikan diri berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Salah satunya dengan membuat program-program yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari di bidang layanan masing-masing.
Banyak inovasi-inovasi dari nakes kami ini justru lahir dari hal sederhana, dari permasalahan sehari-hari yang mereka alami saat pelayanan di rumah sakit,” urainya.

Beliau berharap adanya perolehan penghargaan ini sebagai pelecut semangat bagi sesama rekan nakes untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik.
“Saya berharap, akan semakin banyak nakes-nakes teladan yang lahir di RSUD dr. Iskak ini,” harapnya.

Sementara itu, peraih Juara 1 Nasional nakes teknik elektromedis teladan, Kabib Abdullah, A.md.Tem, S.KM mengatakan, raihan penghargaan ini sebagai bonus dari apa yang telah ia kerjakan selama ini.

“Saya tidak pernah memikirkan hasil atau akan mendapat penghargaan apa. Yang terpenting bagaimana memberi pelayanan yang baik kepada pasien,” jelasnya.

Sebagai salah satu nakes di bidang penunjang, Kabib berusaha untuk memastikan agar setiap alat-alat Kesehatan (alkes) maupun sarpras medis lain selalu dalam kondisi ready to use (siap pakai).
Untuk itu, dalam pemeliharaan (maintenance), pihaknya menerapkan pemeliharaan secara berkala. Artinya, semakin sering sarana tersebut digunakan, maka maintenance yang dilakukan bersifat daily.
Untuk memudahkan pengerjaan, pihaknya membagi pemeliharaan sarana menjadi tiga level. Level 1 bersifat ringan atau daily maintenance. Artinya kerusakan-kerusakan kecil dan tidak memerlukan teknologi canggih masuk pada level ini.

Seperti pemeliharaan pada alat stetoskop yang dikenakan dokter, dan alat medis lain yang tidak memerlukan teknologi.
Sementara untuk level 2 bersifat sedang. Artinya pemeliharaan yang bersifat bongkar-bongkar alat secara ringan dan memerlukan pengerjaan dalam hitungan jam masuk kategori ini. Biasanya level ini untuk pemeliharaan alat medis berteknologi rendah.

Sedangkan untuk level 3 bersifat pemeliharaan berat dan melibatkan pihak ketiga atau vendor. Karena memerlukan peralatan yang cukup canggih dan memakan waktu cukup lama untuk melakukan perbaikan.
Inovasi sederhana inilah yang justru menjadi poin menarik dari penilaian. Karena relative murah dan mudah direplikasi,” terangnya. Ia berharap raihan ini akan menjadi inspirasi bagi nakes-nakes lain untuk tidak ragu berinovasi. (Adv/Frd)

Share :

Baca Juga

Tulungagung

DPRD Tulungagung Bahas Tatib Pemilihan Wabup yang Kosong

Tulungagung

Ranperda Tentang APBD Tahun 2023 Kabupaten Tulungagung

Tulungagung

DPRD  Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Pertanggung jawaban APBD Tahun Anggaran 2021 dan Persetujuan dua Ranperda

Tulungagung

Jual Rumah, Dibayar Rp 15,1 Miliar, Eh Uang Mainan

Tulungagung

Sidang Paripurna DPRD Tulungagung Membahas RAPBD Tahun 2022

Tulungagung

Polres Tulungagung Bongkar Praktek Prostitusi Online

Tulungagung

RSUD dr. Iskak Tulungagung Raih Best Activity di Pekan Disiplin HUT Satpam

Tulungagung

Sidang Paripurna DPRD Menyerahkan LKPJ Bupati Tulunganggung Tahun 2020