Home / Madiun

Jumat, 10 September 2021 - 16:17 WIB

Usir Pagebluk, Sanggar “Cipto Roso” Lakukan Ritual Ruwatan Covid 19

Reporter : Dimas Salem

Madiun, beritajurnal.com – Sanggar “Cipto Roso” Kelurahan Demangan, Kota Madiun menggelar ruwatan pengusir wabah Covid 19, Kamis (9/9/2021). Ketua Sanggar “Cipto Roso” Drs. Paino mengatakan, ruwatan digelar guna mengusir energi jahat dan Covid 19 yang hampir dua tahun tak juga kunjung hilang.

“Ruwatan ini bertujuan untuk mengusir energi jahat dan agar wabah Corona segera hilang dari muka bumi ini,” Kata Drs. Paino, Kamis (9/9/2021).

Dia mengatakan, keadaan dunia saat ini sedang tidak baik baik saja. Dampak wabah Corona selama hampir dua tahun sangat memporak porandakan disemua sektor sendi peradapan manusia yang harus segera ditangani baik secara medis maupun spiritual.

“Secara aturan medis kita serahkan kepada Pemerintah. Kita berupaya membantu dengan cara yang kita yakini mampu mengusir pagebluk ini dengan cara ruwatan,” terangya.

Ketua Sanggar “Cipto Roso” Drs. Paino.

Lebih lanjut Paino, mengungkapkan, prosesi ruwatan yang dilaksanakan sanggar “Cipto Roso” dengan piranti tertentu sesuai dengan wisik atau bisikan ghoib yang diterima berupa nasi buceng, ingkung, pisang raja, sayur gule, air putih dan kembang.

“Piranti ini yang disediakan sesuai wisik yang diterima sebagai sarana untuk menghilangkan wabah Corona,” Ungkap Ketua Sanggar “Cipto Roso” Kelurahan Demangan.

Usai melakukan Do’a keselamatan yang diikuti warga dan anggota Sanggar “Cipto Roso” piranti ruwatan dibawa ke altar Sanggar Pamujan dan selanjutnya dilakukan ritual oleh sesepuh Sanggar “Cipto Roso” dibawah panji panji dan pusaka leluhur.

“Sebenarnya kita turut mengundang beberapa pejabat pemerintah untuk ikut mendo’akan keselamatan seluruh warga Kota Madiun khususnya dan seluruh jagat ini agar pagebluk ini segera sirna,” Paparnya.

Sementara kegiatan ruwatan Covid 19 mendapat dukungan dari warga dan apresiasi positif dari Ketua RT setempat, RM Soehardo, yang menguangkapkan kegiatan ruwatan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap keadaan negara Indonesia akibat wabah Covid 19.

RM Suhardo KHMP

“Karena masyarakat memiliki tanggung jawab dan andil dalam melawan wabah Covid 19. Dan salah satu cara yang dilakukan warga sanggar “Cipto Roso” dengan cara ruwatan sengkolo
Covid 19,” Pungkas RM Soehardo.(lem)

Share :

Baca Juga

Madiun

Penyesuaian Tarif Baru Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun Lebih Terjangkau

Madiun

Petugas Gabungan Perketat Penjagaan Dipintu Perbatasan Kabupaten Madiun

Madiun

“Mbah Danoen” Pecel Dari Kedondong

Madiun

Peringatan Satu Tahun Kampung Pesilat Indonesia 14 Perguruan Sepakat Dukung dan Jaga Keamanan Kabupaten Madiun

Madiun

Walikota Perintahkan Segera Menginventarisir Data Kerusakan Kebakaran SMPN 12

Madiun

Peran Aktif Komisi Irigasi dalam Peningkatan Operasionalisasi Kelembagaan Pengelolaan Irigasi Kabupaten Madiun

Madiun

Orang Satroni Ketua MUI Madiun Terganggu Jiwanya Sejak 2010

Madiun

Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di Kota Madiun