Home / Madiun

Kamis, 28 April 2022 - 09:29 WIB

Walikota Madiun : Kondusifitas Stabil jika Masyarakat Melek Hukum

Reporter : Salem

Madiun, beritajurnal.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melaksanakan penyuluhan hukum terpadu kepada warga Madiun secara berkelanjutan. Perubahan pola hidup dan peradaban di masa digitalisasi juga mempengaruhi pandangan hukum yang mungkin saja masih belum bisa diterima olah masyarakat pada umumnya.

Dalam sambutanya, Maidi saat membuka acara Penyuluhan Hukum Terpadu Kecamatan Kartoharjo, di Ngrowo Bening Edu Park menyampaikan, kepedulian dan kesadaran hukum harus dimiliki oleh masyarakat agar sadar hukum dan tidak melakukan pelanggaran hukum atau terlibat konflik yang bertentangan hukum dan undang undang yang berlaku.

“Untuk itu Pemkot Madiun melalui Bagian Hukum melaksanakan penyuluhan hukum terpadu kepada seluruh masyarakat Kota Madiun. Yang bertujuan untuk kesadaran dan pengetahuan hukum,” ujar Maidi kepada warga Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, penyuluhan hukum terpadu bagi masyarakat merupakan salah satu cara informasi dan pengetahuan hukum. Kesadaran hukum menjadi hal yang sangat penting mengingat laju perkembangan teknologi yang sangat pesat dan berdampak pada berdampak pada perilaku sosial, budaya, ekonomi, politik dan teknologi itu sendiri.

“Tentunya hal ini juga bisa berpengaruh pada Kamtibmas di Kota Madiun. Tugas masyarakat turut mendukung terciptanya ketertiban dan keamanan di wilayah masing masing. Dan salah satunya dengan paham hukum,” jelasnya.

Salah satu contoh tindakan melanggar hukum misalnya dengan menerima, menjual dan mengedarkan barang tanpa cukai seperti rokok tanpa pita cukai dan barang barang lainya yang biasa disebut ilegal. “Ini contoh kecil bentuk tindakan melanggar hukum tetapi berdampak besar pada kelangsungan program Pemerintah. Dan pelanggaran ini bisa di proses hukum,” tegas Maidi.

Wali Kota Madiun berharap, melalui kegiatan penyuluhan hukum terpadu mampu mewujudkan masyarakat yang melek hukum yang taat dan patuh pada hukum dan perundang undangan yang belaku di Indonesia. “Sehingga Kota Madiun benar benar kondusif sehingga program Pemkot Madiun berjalan lancar.

Acara yang dilaksanakan di taman PDAM Ngrowo Bening Edu Park, Rabu (24/4/2022) selain dihadiri Wali Kota Madiun, Maidi, juga hadir dari Pengadilan Negeri Kota Madiun, Pengadilan Agama Kota Madiun, Kejaksaan Kota Madiun, Polres Madiun Kota, Satpol PP, Camat Kartoharjo dan sekitar 100 warga Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.(lem)

 

Share :

Baca Juga

Madiun

Cegah Narkoba di TNI, Kodim Madiun Gelar Tes Urine

Madiun

Begal Payudara Asal Taman Diringkus

Madiun

Bupati Geram, Pengelola Parkir Alon Alon Tidak Koordinasi Dengan Pemda

Madiun

Program Sidang Terpadu Permudah Penerbitan Buku Nikah dan Akte Kelahiran

Madiun

Tukang Becak dan Pengemudi Ojol dapat Ratusan Masker Gratis

Madiun

Peningkatan SDM Petugas Regrister Dorong Pencapain Target 95 Persen

Madiun

Komplotan Maling Komputer Antar Kota Diringkus

Madiun

Puluhan Warga Datangi Kantor Desa Bukur Terkait PBB